Nanda's Blog

Share a smile, Share information

Dengarkan Aku ! August 27, 2012

Filed under: Pemikiranku — nanda @ 8:55 pm

Mendengarkan seseorang bisa menjadi suatu hal yang mudah atau rumit, karena memang ga semudah itu untuk mendengarkan seseorang.  Saat kita dihadapkan pada seseorang yang memiliki tumpukan emosi, amarah, perasaan tertekan dan kelelahan yang sudah tak terbendung, maka kita harus menyiapkan diri dengan perasaan yang sedang tenang, kenapa dikatakan seperti itu, karena sekali kita membuka gerbang bendungan tersebut, maka luapan emosi akan mengalir deras, bila tak pintar untuk mengamankan diri kita bisa ikut terseret dan hanyut dalam luapan itu.

Saat seseorang datang kepadamu untuk menceritakan hal yang dipendamnya, maka dengarkanlah dia, tahap awal hanya perlu mendengarkan, karena tahap awal dia takkan bisa mendengar atau menerima masukkan, dia hanya akan mengeluarkan semua luapan emosi yang ada. Terkadang akan ada sedikit tindakan emosional yang terjadi, tak perlu panik, bila dia menangis maka biarkan ia menangis, bila ia berbuat hal yang akan menyakiti diri sendiri tenangkan dia, jangan hakimi seseorang dalam keadaan tersebut.


Jika luapan emosi sudah surut biarkan ia mengambil napas untuk menenangkan diri, jangan katakan apapun hingga ia meminta pendapat darimu, karena terkadang seseorang hanya ingin didengarkan saja. Hal yang bisa dilakukan adalah berikan pelukan menenangkan, terkadang jiwa manusia tak bisa menghadapi sakit itu sendirian, dengan pelukan hangat dia akan merasa sedikit tenang.

Cerna setiap kata yang dia ucapkan karena terkadang kita dapat menangkap hal yang ingin dia dengar atau yang ingin dia dapatkan. Jika dia mengharapkan pendapat, maka hati-hati saat mengutarakannya, karena terkadang manusia tak ingin disalahkan,gunakan kata-kata yang tak terlalu memvonis seseorang, walaupun dalam keadaan tertentu itu juga diperlukan untuk menyadarkan dia dari cengkraman perasaan tertekan (pintar2lah membaca situasi dan keadaan seseorang)

Well terlihat mudah tapi sulit saat dihadapkan pada situasi yang sebenarnya, namun tak ada salahnya untuk mencoba🙂

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s